merawat sofa kulit

Sofa yang ada di rumah perlu untuk dijaga dan dirawat dengan baik. Maka, kita perlu mengetahui cara merawat sofa kulit yang benar.

Lalu, bagaimana cara merawat sofa kulit yang baik?

Adanya berbagai jenis kulit yang digunakan untuk pembuatan sofa. Hal ini perlu diperhatikan cara perawatannya.

Lalu, bagaimana cara merawat sofa kulit imitasi?

Mari kita simak pembahasan di bawah ini.

1. Membersihkan Secara Rutin

Dengan rutin membersihkan sofa, sofa akan bersih dari debu-debu yang menempel. Hal ini akan membuat sofa bisa bertahan lama. Ada beberapa cara membersihkan sofa yang bisa kita lakukan, di antaranya:

🔹 Membersihkan Sofa dengan Vacuum Cleaner

Kita bisa gunakan vacuum cleaner yang dilengkapi ujung sikat lembut. Sikat tersebut berfungsi untuk menghisap kotoran dan debu pada permukaan sofa sampai ke bagian dalam sofa.

Lalu kita pastikan bahwa permukaan sofa telah bersih, selanjutnya gunakan pipa dengan ujung mungil untuk menjangkau bagian dalam dan lipatan sofa. Dalam membersihkan permukaan kulit, kita bisa lakukan dengan hati-hati agar sofa tidak tergores.

merawat sofa kulit dengan vacuum cleaner

🔹 Kain Lembut untuk Merawat Sofa Kulit

Kita bisa gunakan kain lembut dan lembab, tetapi bukan yang basah, untuk membersihkan permukaan dari debu. Saat mengelap permukaan sofa, beri sedikit tekanan supaya debu di permukaan kulit dapat menempel pada kain tadi.

Kemudian, kita bisa tunggu sampai sofa kering dengan sendirinya. Saat mengeringkan sofa hindari penggunaan hair dryer atau dijemur di bawah matahari. Sebab bisa menghilangkan kelembaban material kulit dan menjadikan kulit sofa pecah-pecah.

merawat sofa kulit dengan kain lembut

🔹 Menggunakan Pembersih Khusus Material Kulit

Apabila ingin membersihkan kotoran atau noda pada sofa kulit, bisa gunakan pembersih khusus material kulit. Pembersih yang beredar di pasaran ada berbagai macam, ada bentuk cair, gel, ataupun lotion.

Dalam menggunakan pembersih, aplikasikan pembersih pada spons atau kain lap yang lembut, kemudian gerakan secara berputar. Saat ingin menggunakan kain lap, hindari penggunaan kain lap yang berwarna untuk menghindari transfer warna dari kain ke sofa.

merawat sofa kulit dengan pembersih khusus

🔹 Memberikan Pelembab

Lapisan minyak pada sofa akan terlihat semakin berkurang, saat digunakan untuk duduk setiap harinya. Untuk menjaga sofa tetap berkilau, tambahkan pelembab pada seluruh permukaan sofa secara merata.

Meskipun biasanya beberapa produk pembersih telah dilengkapi dengan pelembab atau conditioner. Saat mengaplikasikan pelembab bisa gunakan kain yang lembut.

Pelembab atau conditioner ini bertujuan mengembalikan dan menjaga kelembaban material kulit agar tidak pecah-pecah dan mengering. Pelembab ini juga bisa mengembalikan aroma alami dari bahan kulit.

merawat sofa kulit pakai pelembab

🔹 Membersihkan dengan Larutan Cuka dan Air

Apabila sofa kulit mulai bermunculan jamur, semprot dengan bahan pembersih alami, yaitu campuran antara cuka dan air. Campuran tersebut disemprot pada jamur yang muncul di sofa kulit.

Dalam menyemprot cairan tersebut, hanya perlu disemprot sedikit saja dan lap secara perlahan-lahan agar tidak menyerap pada bahan kulit.

merawat sofa kulit semprot pakai larutan cuka dan air

2. Merawat Sofa Kulit dengan Membersihkan Noda

Ketika melihat ada kotoran atau noda pada sofa kulit, langsung lakukan tindakan pembersihan! Ini untuk mencegah terjadinya kotoran, karena noda menempel akan sulit hilang untuk dibersihkan. Sebab sudah terlanjur menempel.

Namun, apabila kita sembarangan mengelap cairan noda dengan kain atau kanebo, bisa buat noda sofa kulit menyebar ke permukaan kulit lain.

Cara tepat membersihkan noda dengan menggunakan kertas penghisap atau kain yang bisa menyerap. Dengan begitu, kotoran akan terserap ke bahan atau kain yang digunakan dan tidak akan menyebar ke permukaan kulit.

merawat sofa kulit dengan hilangkan noda

3. Tidak Membersihkan Sofa dengan Alkohol atau Pemutih

Apabila menggunakan alkohol dan pemutih pakaian bisa membuat warna kulit berubah. Maka, kita bisa gunakan handuk yang bersih dan lembab untuk menyerap noda cairan.

merawat sofa kulit tanpa alkohol dan pemutih

4. Jauhkan Benda Tajam dan Hewan Peliharaan

Menjauhkan benda tajam dari sofa bermaksud untuk menghindari dan mencegah terjadinya goresan yang membuat permukaan sofa sobek. Untuk mencegah permukaan sofa yang sobek, hindari peletakkan sofa di area dapur dan ruang makan.

Namun, jika diletakkan di ruang tamu, kita harus gunakan sarung tambahan di pinggiran sofa untuk menyimpan benda tajam yang sering dipakai, seperti alat jahit atau gunting kuku.

Selain itu, jika kita memiliki hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, baiknya dijauhkan dari sofa kulit. Ini untuk mencegah hewan peliharaan menggaruk sofa secara tiba-tiba saat ingin mengasah kukunya.

merawat sofa kulit dengan sarung tambahan

5. Meletakkan Sofa Kulit di Tempat yang Sesuai

Sofa berbahan kulit rentan rusak akibat suhu ekstrim dan kelembapan sehingga timbul retakan. Kita perlu mengetahui bahwa sofa kulit sebaiknya tidak diletakkan di posisi yang terkena cahaya matahari langsung atau berada di bawah AC, karena bisa merusak bahan kulit.

merawat sofa kulit dengan letak yang sesuai

Kesimpulan

Pada akhirnya merawat sofa kulit cukup penting untuk memberikan rasa nyaman di rumah. Setelah mengetahui cara membersihkan dan merawat sofa kulit, kita bisa terapkan di rumah. Sehingga memberikan tampilan yang bersih, rapi, dan nyaman.

Terkait itu, ada saran yang boleh jadi membantu kita kedepannya: Yaitu hubungi Mitrabangun.id melalui tombol di bawah untuk konsultasi renovasi dan bangun rumah yang berkualitas!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *