penjelasan pengertian bronjong

Dalam dunia konstruksi, kita pernah mendengar istilah bronjong.

Apa itu bronjong?

Lalu, selain bronjong, kadang kita juga mendengat istilah gabion.

Apa itu gabion?

Dari dua istilah tersebut ternyata membuat kita penasaran. Supaya tidak penasaran lagi, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

1. Pengertian Bronjong

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bronjong adalah keranjang dari kawat untuk membungkus batu kali. Sedangkan, gabion adalah istilah lain dari penyebutan bronjong. Untuk istilah gabion sendiri berasal dari kata Italia kuno, gabbione yang memiliki arti sangkar besar.

foto pengertian bronjong

Bronjong memiliki sifat yang fleksibel, tetapi keras dan memiliki pori-pori. Selain itu, bronjong bisa menyerap angin, air yang melewati pori-porinya, dan tahan terhadap hamparan gelombang laut, seperti kerusakan akibat gelombang badai yang besar.

Dilihat dari sifat bronjong itulah yang membuatnya jadi sebagai fondasi yang kuat untuk suatu bangunan.

2. Sejarah Bronjong

Untuk menjawab apa itu bronjong kita harus tahu sejarahnya juga. Sekitar 7000 tahun lalu, orang-orang Mesir menggunakan bronjong guna menahan air Sungai Nil tak membanjiri daerah pemukiman.

Pada perang dunia pertama, bronjong digunakan para tentara untuk berlindung dari ledakan bom granat atau tembakan peluru dari musuh yang ada.

Selain itu, bronjong juga digunakan para petani dalam membuat bendung irigasi sederhana. Konstruksi ini sering kali digunakan pada bangunan semi permanen karena sifatnya yang tak kaku.

Sehingga sering digunakan juga di daerah yang kondisi tanahnya belum stabil. Seperti bendung irigasi, check dam, bangunan terjun, pelindung tebing sungai, pelindung tebing sungai/ irigasi, krib dinding penahan tanah, tembok jembatan darurat, drainase kaki tanggul, pondasi jalan, dan sebagainya.

Seiring berjalannya waktu, bronjong banyak dipakai pada bangunan. Termasuk pada rumah yang dibangun menggunakan pasir bangunan khusus.

3. Fungsi Gabion

Setelah kita mengetahui penjelasan mengenai gabion atau bronjong, untuk memahami apa itu bronjong kita perhatikan juga apa fungsi gabion/ bronjong di bawah ini:

a. Sebagai pelindung dan dapat memperkuat struktur tanah di sekitar tebing agar tidak terjadi longsor.

b. Sebagai pembentuk untuk meningkatkan volume air sungai.

c. Untuk menjaga area tepi sungai dari arus sungai, sehingga bantaran sungai tidak akan mudah hancur.

d. Sebagai dinding banjir sementara. Hal ini ditunjukan dengan mengubah arah kekuatan air banjir di sekitar struktur yang lemah.

e. Sebagai penghalang kebisingan.

f. Untuk estetika bangunan.

4. Jenis-Jenis Bronjong

jenis bronjong kawat

Berdasarkan Modul Pelaksanaan Pekerjaan Bronjong, terdapat 2 macam jenis bronjong, yaitu:

a. Bronjong bambu

  • Bronjong jenis ini terbuat dari bahan bambu belah dan menggunakan tenaga manusia.
  • Bronjong bambu ini berbentuk silinder dengan diameter 0,50 meter dan panjang bambunya sesuai dengan ketersediaan bambu yang akan digunakan, biasanya antara 4 sampai 6 meter.

b. Bronjong kawat

  • Bronjong jenis ini terbuat dari bahan kawat dan menggunakan tenaga manusia atau mesin.
  • Bronjong kawat ini ada yang berbentuk silinder, kotak, balok empat persegi ataupun prismatis. Biasanya, ukurannya disesuaikan dengan keperluan.

5. Kelebihan dan Kekurangan Gabion

kelebihan gabion untuk estetika rumah

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari gabion/ bronjong, kita perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari gabion, yang dapat kita lihat di bawah ini.

a. Kelebihan Gabion

Pertama, kita ketahui dulu kelebihan-kelebihan dari gabion, di antaranya:

🔹 Menambah Estetika Bangunan

Gabion alisan bronjong punya sisi keindahan tersendiri dan mampu menambah estetika pada rumah. Hal ini jadi kelebihan bagi kita yang menyukai rumah aesthetic.

🔹 Ketahanan yang tinggi

Daya tahan gabion terhadap korosi atmosfer terbilang tinggi, karena lapisan seng yang terikat dengan baik pada kawat dan kemampuannya untuk mendukung pertumbuhan vegetasi.

🔹 Bersifat fleksibel

Fleksibel di sini berarti gabion mengikuti pergerakan tanah di bawahnya, tanpa perlu merusak konstruksi dasarnya.

🔹 Kekuatan

Gabion mampu untuk menahan arus banjir. Tumpukan batu gabion ini membuat air bisa mengalir ke sela-selanya, sehingga tekanan tanah akan berkurang dan menghindari resiko bencana tanah longsor. Terutama, untuk bangunan yang ada di sekitar tebing.

🔹 Lebih Murah

Bila kita bandingkan dengan penahan yang terbuat dari beton, harga dari gabion ini lebih murah. Harganya bisa lebih murah karena teknik pembuatan, bahan-bahan, dan biaya pengirimannya mudah didapat dan ringan dibandingkan dengan beton.

🔹 Ramah Lingkungan

Gabion termasuk ramah lingkungan karena bahan utamanya adalah batu alam.

🔹 Sederhana

Bentuknya yang sederhana tidak perlu menggunakan mesin untuk membuatnya. Cukup dengan menggunakan alat-alat sederhana dan para tukang yang ahli. Ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

b. Kekurangan Gabion

Kemudian, Bronjong juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat kita lihat di bawah ini:

🔻 Tidak Cocok di Tepi Laut

Jika bahan yang digunakan adalah kawat dengan bahan baja berlapis galvanis, maka gabion tidak cocok digunakan pada daerah yang punya kadar garam tinggi atau kadar asam yang tinggi, seperti di tepi laut.

🔻 Tidak Cocok di Lahan Sempit

Gabion harus dibuat di lahan berukuran lebar, karena apabila gabion dibuat dengan lahan berukuran kecil, ketahanan dan kekuatannya akan berbeda dengan gabion berukuran besar, seperti tidak bisa menahan longsor atau erosi dengan baik.

6. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Bronjong

Demi membuat bronjong / gabion memiliki kualitas yang layak dan baik, kita harus tahu faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas bronjong dengan melakukan pengawasan yang lebih tinggi, yang dijabarkan di bawah ini:

  • Pengadaan kawat bronjong dan kawat pengikat
  • Kualitas nyaman
  • Cara pengisian
  • Kualitas dan kuantitas batu isian
  • Keterampilan pelaksana (tukang)

Kesimpulan

Gabion memiliki fungsi yang bermanfaat untuk bangunan rumah, terlebih lagi bila rumah berada di area rawan banjir atau longsor. Bronjong cocok untuk memberi kekuatan dan pertahanan suatu bangunan.

Terkait itu, ada saran yang boleh jadi membantu kita kedepannya: Yaitu hubungi Mitrabangun.id melalui tombol di bawah untuk konsultasi renovasi dan bangun rumah yang berkualitas!

Similar Posts