apa itu rumah joglo

Apa itu rumah joglo kadang jadi pertanyaan sebagian orang. Termasuk kita yang penasaran dengan pengertian, dan filosofi tentang rumah joglo.

Dalam artikel ini, kita akan memahami banyak hal yang berkaitan dengan rumah joglo. Sehingga pengetahuan tentang rumah joglo bisa membantu kita menciptakan rumah yang baik. Penasaran?

Berikut beberapa wawasan rumah joglo untuk kita:

Apa itu Rumah Joglo?

Rumah Joglo adalah rumah tradisional yang menjadi rumah adat asal Jawa Tengah. Mengandalkan material utama dari kayu jati.

rumah joglo dari jawa

Biasanya rumah Joglo dibangun oleh masyarakat yang memiliki status kelas atas atau bangsawan. Sebab untuk menciptakan keindahan pada rumah Joglo kadang butuh material yang mahal.

Pengertian Rumah Joglo Menurut Ahli

Rumah Joglo memiliki beberapa pengertian menurut para ahli. Mulai dari budawayan, akademisi, sampai media berita punya pengertian masing-masing.

Namun, satu hal yang pasti. Mereka semua menyepakati bahwa rumah Joglo adalah rumah tradisional yang menjadi rumah adat suku Jawa.

Berikut ini beberapa pengertian rumah Joglo menurut para ahli:

1. Menurut Media Berita

Dilansir dari Detik Edu bahwa pengertian rumah Joglo adalah rumah tradisional yang awalnya disebut Juglo dari asal kata Tajug Loro. Kata Tajug Loro bermakna dua gunung yang dianggap sakral bagi kebudayaan Jawa.

Hal itu selaras dengan bentuk atap rumah Joglo yang terdapat dua gunung. Tetapi seiring berjalannya waktu rumah Juglo kini disebut rumah Joglo.

2. Menurut Dinas Kebudayaan

Dilansir dari situs resmi Dinas Kebudayaan Provinsi Yogyakarta bahwa pengertian rumah Joglo adalah rumah adat tradisional yang disebut dengan “Rumah Adat Joglo” dan masih banyak ditemui pada wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Menurut Frick

Kita juga bisa merujuk dari buku Pola Struktural dan Teknik Bangunan di Indonesia yang ditulis Frick pada tahun 1997. Di buku itu mengatakan bahwa Joglo merupakan gaya bangunan rumah tradisional Jawa.

4. Menurut Sastroatmojo

Jangan lupa juga untuk mengingat apa yang dinyatakan oleh Sastroatmojo pada tahun 2006 di buku Citra Diri Orang Jawa. Di buku tersebut dikatakan bahwa rumah Joglo juga disebut rumah tikelan (patah) karena atap rumah seolah-olah patah menjadi tiga bagian yaitu: brunjung, penanggap, dan panitih.

Rumah Joglo dalam pemahaman Jawa merupakan cerminan sikap, wawasan, serta tingkat ekonomi-sosio-kultural masyarakatnya. Rumah dengan demikian tak ubahnya adalah gaya hidup seseorang.

Setelah tadi kita melihat dan membaca pengertian rumah joglo menurut para ahli. Selanjutnya mari kita memahami lebih dalam filosofi yang ada pada rumah Joglo itu sendiri.

Filosofi Rumah Joglo

filosofi rumah joglo
Sumber: Kompas.com

Beberapa rumah adat biasanya memiliki makna dan filosofi tersendiri. Pada artikel ini telah dirangkum filosofi apa saja yang ada pada rumah Joglo.

a. Tiang Utama Ada 4

Secara umum rumah tradisional Joglo dibangun menggunakan 4 tiang utama (disebut saka guru) sebagai pondasi. Tentu saja sebagai pondasi utama yang menopang semua bagian bangunan.

Hal ini membuat teras rumah jadi luas dan tanpa sekat. Ini mencerminkan filosofi menjalin silaturahmi bersama tetangga serta dapat menjadi sarana interaksi sosial di lingkungan sekitar.

b. Pagar Mangkok

Pernah melihat rumah Joglo yang memiliki pagar dari sebuah tanaman? Biasanya berasal dari tanaman Perdu dan ukurannya tak sampai 1 meter.

Filosofi rumah seperti itu biasanya agar mudah menjaga silaturahmi bersama para tetangga. Hal seperti ini biasanya juga kita temukan pada rumah di pedesaan yang antar tetangganya masih akrab.

c. Pintu Rumah Di Tengah

Pintu yang dipasang pada tengah-tengah memiliki makna tersendiri dalam aspek filosofis. Itu mencerminkan keharmonisan dan keterbukaan antar pemilik rumah serta orang lain.

Contoh Desain Rumah Joglo Modern

Konsep rumah Joglo kini bisa diadaptasi dengan rumah zaman sekarang. Melalui beberapa sentuhan, desain rumah Joglo bisa dibawa pada tempat tinggal kekinian. Sehingga bagi kita yang menyukai kebudayaan dan menyukai nuansa kekinian tak perlu bingung lagi.

1. Rumah Joglo Minimalis Modern 2 Lantai

Bila kita memiliki dana yang cukup untuk membuat rumah 2 lantai dan ingin memiliki rumah joglo tanpa harus membeli lahan kosong, maka rumah joglo 2 lantai bisa kita bangun.

rumah joglo minimalis lantai 2

Pada gambar di atas ada desain rumah joglo dengan sentuhan minimalis modern tanpa menghilangkan unsur-unsur kebudayaan.

2. Rumah Joglo Sentuhan Modern Scandinavian

Nuansa scandinavian bisa digabungkan dengan rumah joglo jika memang di antara kita ada yang menyukai desain scandinavian.

rumah joglo minimalis yang seperti scandinavian

Cukup tambahkan sisi scandinavian pada atap, maka rumah joglo sudah sangat berkesan dan punya keunikan tersendiri.

Kesimpulan

Pada akhirnya pengertian rumah joglo dan wawasan filosofinya memang bermanfaat untuk kita perhatikan. Sebab kita jadi tahu pentingnya memilih bentuk bangunan serta karakter pada rumah yang sudah dibangun.

Similar Posts