hemat listrik di rumah

Listrik menjadi kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan tersebut membuat kita perlu melakukan cara menghemat listrik di rumah dengan benar.

Meskipun kita menggunakan listrik sebagai kebutuhan setiap harinya, kita tetap perlu memerhatikan penggunaan listrik, supaya tidak boros dan memakai sesuai kebutuhan.

Lalu, bagaimana cara menghemat listrik di rumah? Mari kita perhatikan penjelasan di bawah ini.

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Banyak kebutuhan yang membutuhkan listrik dan perlu dilakukan setiap hari, misalnya bekerja menggunakan laptop yang kalau baterainya habis langsung di-charge, dan berbagai contoh lainnya.

Apabila kita tidak belajar untuk menghemat listrik sejak awal, itu menjadi tidak baik untuk keberlangsungan hidup kita. Maka dari itu, kita perlu mengetahui cara menghemat listrik di rumah, di antaranya:

1. Memilih Layanan Listrik Prabayar

Dengan menggunakan layanan ini, kita bisa mengisi token listrik sesuai batasan penggunaan kita. Batasan tersebut membuat kita bisa mengontrol penggunaan listrik, sehingga kita bisa lebih hemat lagi dalam menggunakan listrik.

gunakan listrik prabayar untuk hemat
Sumber: cakaplah.com

2. Mencabut Alat Elektronik yang Tidak Digunakan

Apabila kita sudah tidak menggunakan alat elektronik, lebih baik dicabut dari stop kontak, sehingga bisa lebih hemat listrik dan mengurangi tagihan.

3. Menggunakan Lampu LED

Meskipun lampu LED lebih mahal dibandingkan dengan lainnya, lampu LED bisa menghemat listrik hingga 90%. Lampu LED bisa mengeluarkan cahaya yang lebih terang dan tahan lama dibandingkan dengan lampu biasa.

menggunakan lampu LED untuk hemat listrik

Maka dalam menghemat listrik, kita perlu mengutamakan lampu yang konsumsi listriknya tidak terlalu besar.

4. Mengoptimalkan Fungsi Ventilasi

Keberadaan ventilasi berguna untuk mengatur sirkulasi udara di rumah. Adanya sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan bisa membuat suasana menjadi lebih sejuk dan tidak pengap.

gunakan ventilasi untuk menghemat listrik
Sumber: Bobo.grid.id

5. Menggunakan Perangkat yang Hemat Daya atau Low Watt

Saat ini sudah banyak alat elektronik yang memiliki fitur khusus untuk menghemat listrik, seperti AC, kulkas, mesin cuci, dan lainnya. Biasanya pada alat-alat elektronik tersebut tersedia keterangan yang memiliki watt kecil atau low watt.

6. Menggunakan Lampu Seperlunya

Menyalakan lampu di siang hari merupakan salah satu tindakan yang mencerminkan pemborosan listrik. Kita bisa mematikan lampu di rumah, kemudian membuka jendela rumah kita untuk mendapatkan penerangan dari cahaya matahari yang masuk.

Selain itu, apabila rumah sedang kosong dan tidak ada orang, kita juga perlu mematikan lampu karena sedang tidak digunakan.

7. Menggunakan Kipas Angin

Daya listrik pada kipas angin lebih hemat dibandingkan dengan AC. Konsumsi daya dari kipas angin hanya sekitar 20 hingga 110 watt, sedangkan konsumsi daya dari penggunaan AC sekitar 500 hingga 900 watt.

gunakan kipas untuk hemat listrik

8. Memilih Setrika dengan Pengatur Panas Otomatis

Saat sedang menggunakan setrika, biasanya kita butuh waktu yang cukup lama untuk menyetrika. Apabila tidak menggunakan setrika pengatur panas otomatis, setrika akan terus mengalirkan listrik. Jika kita gunakan pengatur panas otomatis dapat menghemat listrik.

9. Tidak Menghidupkan dan Mematikan AC Sering-Sering

Dengan menghidupkan dan mematikan AC bisa menghabiskan daya listrik lebih banyak, kemudian bisa meningkatkan beban pada AC saat menyalakannya kembali.

10. Menggunakan Air Panas saat Memasak Nasi

Dengan menggunakan air panas saat sedang memasak nasi bisa menghemat listrik dan bisa mempercepat proses memasak nasi.

11. Mengurangi Penggunaan Microwave

Apabila kita ingin memanaskan makanan di microwave memang terasa lebih simpel dan praktis. Namun, dalam sekali penggunaan microwave bisa menghabiskan daya sebesar 850 hingga 2000 watt. Jadi, alternatif lain untuk memanaskan makanan adalah dengan cara mengukusnya.

12. Mengurangi Penggunaan Dispenser

Dispenser merupakan salah satu alat elektronik yang konsumsi daya listriknya dalam jumlah banyak. Apabila kita sering menggunakan dispenser untuk mengambil air panas atau dingin, bisa mengurangi penggunaan tersebut dengan membiasakan diri untuk masak air di kompor.

Dengan memasak air di kompor, kita bisa minum air panas. Namun, kalau kita ingin minum dingin, kita bisa mendinginkan air di dalam kulkas terlebih dahulu.

13. Menurunkan Suhu Kulkas

Apabila isi di dalam kulkas dirasa sudah terlalu dingin atau isinya tidak terlalu banyak di dalamnya, kita bisa menurunkan suhu di kulkas. Suhu kulkas yang terlalu rendah atau terlalu dingin dapat membuat sistem kerja kulkas lebih berat dan cepat rusak.

14. Ukuran Kapasitas Isi Kulkas Diisi yang Pas

Kulkas yang terlalu penuh atau kosong bisa membuat sistem kerja kulkas menjadi lebih ekstra karena menyesuaikan isi di dalam kulkas. Dengan begitu, daya listriknya tentu akan semakin besar.

Manfaat Menghemat Listrik

Setelah kita mengetahui tips menghemat listrik di rumah, ada manfaat yang bisa kita rasakan setelah bisa menghemat listrik.

Dilansir dari IDNtimes.com, manfaat dalam menghemat listrik di antaranya:

1. Menghemat Biaya Pengeluaran

Tentunya kita bisa menghemat biaya untuk membayar listrik dan biaya akan terasa lebih ringan.

hemat listrik bisa membuat hemat uang yang digunakan
Sumber: Pexels

2. Barang Elektronik Lebih Awet

Menghemat listrik dapat membuat barang elektronik kita lebih awet karena bisa memelihara barang elektronik dengan baik.

3. Menghindari Risiko Arus Pendek Listrik

Arus pendek atau korsleting bisa menyebabkan kerusakan untuk barang elektronik. Cara untuk terhindar korsleting dengan mematikan alat-alat elektronik yang sedang tidak digunakan.

Kesimpulan

Kebutuhan dalam penggunaan listrik menjadi salah satu hal yang sering kita lakukan setiap harinya. Namun, perlu dipastikan bahwa penggunaan listrik harus sesuai dan tak berakibat boros. Adanya penghematan bisa membuat kita lebih nyaman terhadap rumah.

Terkait itu, ada saran yang boleh jadi membantu kita kedepannya: Yaitu hubungi Mitrabangun.id melalui tombol di bawah untuk konsultasi renovasi dan bangun rumah yang berkualitas!

Similar Posts