ventilasi dapur

Ventilasi dapur adalah akses udara yang dibuat agar dapur jadi lebih manusiawi. Penghuni rumah bisa bebas menghirup udara di dalam ruangan.

Tulisan ini akan membuat kita melihat ide-ide ventilasi dalam rumah agar suasana memasak jadi lebih mudah dan tentunya menyehatkan. Tertarik?

Berikut ini ada 7 model ventilasi dapur yang sangat direkomendasikan:

1. Jendela Jadi Hal Basic

Jendela adalah hal paling dasar bila memilih model ventilasi di rumah. Sebab jendela pada dapur berfungsi sebagai ventilasi yang membebaskan laju udara di rumah.

jendela untuk mendukung sirkulasi udara di dapur

Kita cukup menempelkan jendela biasa untuk memiliki ventilasi yang layak pada dapur. Sehingga dengan mudah kita akan memiliki ventilasi yang fungsional.

2. Jendela pada Sudut

jendela di sudut ruangan jadi ventilasi dapur

Jendela yang ada pada sudut ruangan jadi acuan banyak orang untuk menjadikan letak ventilasi pada dapur. Kita juga bisa menerapkannya pada dapur yang kita miliki.

Apalagi bila kita memiliki dapur yang unik, maka jendela di sudut ruangan menjadi model ventilasi yang bisa dicontoh.

3. Pintu Kaca di Dapur

Tak melulu pada dinding, kini kita bisa memasang ventilasi pada pintu juga. Terutama pada jendela kaca kecil yang menempel pada pintu.

Kita dapat memilih pintu yang terdapat kaca kecil yang bisa dibuka dan ditutup. Sehingga cahaya dan udara bisa bebas keluar masuk pada dapur.

ventilasi dapur dengan pintu kaca

Dapur seperti ini juga terkesan unik. Sebab masih jarang orang yang memiliki ventilasi dapur seperti ini.

4. Ventilasi Dapur Skylight

Ventilasi satu ini terkesan artistik dan mewah, yaitu skylight pada dapur. Skylight ini bisa bermanfaat dalam memasuki udara dan mengeluarkan udara.

Selain itu kita juga bisa melihat langsung suasana langit dari dapur. Hal itu membuat penghuni rumah menjadi merasa menyatu dengan alam bisa sedang memasak.

ventilasi dapur dengan konsep skylight

Bila kita tidak ingin udara keluar dan masuk melalui skylight ada alternatif lain, yaitu memilih skylight tanpa bukaan.

5. Ventilasi Dapur Tirai Tarik

Ini adalah ventilasi yang membuat dapur tampak lebih modern. Yaitu dengan jendela yang ditambah tirai tarik. Pastikan warnanya cocok dengan suasana dapur.

jendela dapur dengan tirai tarik

Gorden alias tirai ini membuat jendela tak polos begitu saja. Selain itu gorden bisa disingkap dan ditutup sesuai kebutuhan.

Sedikit saran bila ingin menciptakan dapur minimalis di rumah maka tirai yang dipilih jangan bermotif ramai. Pilih yang warnanya polos dan menyatu dengan dinding rumah.

6. Jendela Lebar

Jendela lebar membuat angin bebas keluar masuk dan layak sebagai ventilasi serbaguna di dapur. Apalagi bila jendela menghadap ke taman atau hutan yang asri.

jendela lebar untuk mendukung ventilasi dapur

Namun, ventilasi model ini cukup rawan bila menghadap pada taman dan hutan yang asri. Sebab serangga, semut, dan hewan bisa tiba-tiba masuk pada dapur.

Pastikan juga, anak-anak tidak memanjat ke jendela ini. Sebab ventilasi dapat membahayakan bila anak-anak mencoba memanjat jendela.

7. Jendela Pintu Mini

Ventilasi unik lain yang bisa membuat dapur segar dan sehat adalah jendela pintu mini. Nantinya jendela ini punya fungsi sebagai jalur keluar masuknya udara.

jendela pintu mini sebagai ventilasi dapur

Sehingga panasnya udara pada dapur tidak akan terjebak di dalam. Apalagi jendela mini tersebut tak mudah dimasuki hewan liar dari luar rumah.

Akhir Kata

Pada akhirnya sistem udara di dapur sangat penting untuk diperhatikan. Maka kita menjadi berharap bisa merenovasi rumah dengan ganti ventilasi dapur yang lebih baik.

Terkait itu, ada saran yang boleh jadi membantu kita kedepannya: Yaitu hubungi Mitrabangun.id melalui tombol di bawah untuk konsultasi renovasi dan bangun rumah yang berkualitas!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *