japandi adalah

Seringkali kita mendengar istilah rumah Japandi yang sepertinya sedang ramai disukai masyarakat. Japandi adalah konsep rumah yang menarik.

Apa itu Japandi? Mari kita baca bersama-sama pembahasan di bawah ini.

Mengenal Japandi

Japandi merupakan singkatan dari Japanese-Skandinavian. Pengertian dari japandi adalah gaya desain interior yang menggabungkan dua konsep, yaitu wabi-sabi dan lagom. Wabi-sabi merupakan filosofi hidup di Jepang yang memiliki arti keindahan dalam ketidaksempurnaan.

Sedangkan, lagom yaitu filosofi dari Skandinavian yang bermakna keseimbangan dan kecukupan dalam aspek hidup, tidak kurang dan tidak lebih. Kombinasi dari kedua filosofi ini bisa menciptakan gaya Japandi yang mengutamakan nilai estetika, kesederhanaan, dan esensialisme.

Ciri-Ciri Gaya Desain Japandi

Untuk mengetahui bagaimana karakteristik dari desain japandi untuk suatu rumah, mari kita lihat bersama-sama poin-poin di bawah ini:

1. Menggunakan Warna-Warna yang Netral atau Soft

Warna-warna netral yang bisa digunakan, yaitu putih, krem, dan abu-abu. Biasanya gaya Japandi identik dengan warna putih untuk memberi kesan bersih dan terang dalam suatu ruangan.

Kita juga bisa gunakan warna-warna pelengkap untuk memadukan perabotan dan dekorasi dengan bahan kayu atau metal yang berwarna gelap. 

warna netral gaya japandi

2. Konsep Rumah Terbuka

Seringkali rumah zaman sekarang mengusung konsep open living space yang menggabungkan ruang keluarga, dapur, dan ruang makan dalam satu area tanpa ada sekat permanen.

Untuk membuat konsep rumah terbuka, dapat memasang jendela dengan ukuran besar. Supaya bisa mendapatkan cahaya matahari pada siang hari. Dengan begitu, konsep ini bisa menampilkan kesan rumah yang terang dan lapang di dalam rumah.

konsep rumah terbuka pada japandi

3. Bahan Material Alami

Material yang digunakan berupa kayu, batu, atau kertas sebagai dekorasi rumah. Hal ini untuk menciptakan suasana hangat dan nyaman di dalam rumah. Selain itu, menunjukkan unsur-unsur alam yang menyatu dengan interior rumah.

gaya japandi dengan bahan material alami

4. Furnitur yang Digunakan Minimalis dan Fungsional 

Desain yang digunakan untuk furniture menggunakan konsep minimalis, tetapi memiliki fungsi yang baik untuk kebutuhan. Furnitur yang digunakan mengandung unsur Jepang tradisional, seperti pintu geser dan elemen shoji.

gaya japandi yang minimalis dan fungsional

5. Mendapatkan Cahaya yang Alami dan Lembut

Dengan mendapatkan cahaya matahari dari jendela rumah yang maksimal dapat memberikan tampilan alami dan nyaman pada siang hari.

Untuk menghasilkan cahaya yang lembut dan hangat, bisa diperoleh dari lampu meja atau lampu berdiri. Biasanya jenis lampu ini disukai daripada pencahayaan yang terang dan berlebihan.

japandi mendapat cahaya alami dan lembut

6. Tanaman Indoor

Adanya tanaman kaktus, monstera, atau pohon benjamina bisa memberikan warna dan kesan alami di dalam ruangan. Hal ini juga bisa membantu dalam menjaga kualitas udara untuk bisa menciptakan suasana yang segar, nyaman, dan damai.

gaya japandi ada tanaman indoor

4 Macam Gaya Japandi

Gaya Japandi bisa dikombinasi dengan desain interior lainnya yang tiap gaya memiliki pesonanya sendiri-sendiri. Berikut ini 4 Japandi style yang bisa memiliki konsep menarik, di antaranya:

1. Japandi Natural

Seperti dengan namanya, natural. Natural di sini berarti konsep hunian mengandung unsur-unsur alami, seperti penggunaan perabotan berbahan kayu yang berwarna muda hingga medium.

Contoh dari jenis kayu yang digunakan, yaitu kayu oak, teak, dan light walnut. Jenis kayu tersebut cocok digunakan pada set kursi makan, dapur, atau bahkan partisi ruangan. Kemudian, material kayu tersebut dipadukan dengan dinding berwarna netral dan kalem.

Selain itu, konsep Japandi natural ini biasanya diisi dengan beberapa tanaman hijau untuk memberi kesan alami dan asri.

japandi gaya natural

2. Japandi Modern

Konsep Japandi Modern ini memiliki nilai estetika dan bisa menampilkan kesan mewah. Konsep ini didominasi dengan warna gelap pada dinding dan perabotan, seperti warna hitam, abu-abu tua, ataupun biru tua.

Biasanya, gaya Japandi modern ditandai dengan adanya motif marmer dan aksen yang berwarna emas. Hal ini untuk menampilkan peletakan yang strategis dan tidak berlebihan. Kemudian, bisa tambahkan aksen kayu berwarna medium hingga gelap dan sudah menjadi satu kesatuan.

japandi gaya modern

3. Japandi Klasik

Biasanya, gaya Japandi Klasik identik dengan aksen yang lebih dinamis, seperti lekukan, ukiran pada dinding, menggunakan bentuk dan motif yang dekoratif. Selain itu, bisa gunakan warna pastel untuk menampilkan kesan lembut dan menawan.

Warna pastel bisa diaplikasikan pada perabotan, misal menggunakan warna putih yang bisa dipadukan dengan kayu berwarna light hingga medium.

macam japandi klasik

4. Japandi Industrial

Konsep Japandi Industrial bisa menampilkan kesan maskulin, berani, tegas, tetapi terlihat simpel. Konsep ini bereratan dengan desain interior industrial melalui penggunaan material raw, seperti besi berwarna hitam tebal, kayu, atau bata ekpos.

Selain itu, konsep Japandi industrial juga bisa menggunakan furnitur multifungsi dengan material kayu yang berwarna medium-dark.

macam japandi industrial

Kesimpulan

Kesimpulannya konsep gaya Japandi ini menggabungkan 2 filosofi, yaitu minimalis Jepang dan Skandinavian yang terlihat cantik nan menarik. Konsep japandi interior juga bisa jadi inspirasi untuk menentukan konsep yang sesuai dengan minat dan kesukaan kita.

Terkait itu, ada saran yang boleh jadi membantu kita kedepannya: Yaitu hubungi Mitrabangun.id melalui tombol di bawah untuk konsultasi renovasi dan bangun rumah yang berkualitas!

Similar Posts