Apa iti gypsum?

Gipsum atau gypsum bahasa Inggrisnya jadi hal yang membantu bagi sebagian orang. Apalagi dalam pembangunan dan renovasi rumah. Betul?

Dalam artikel ini, kita akan lihat berbagai manfaat gipsum. Sehingga kita bisa merencanakan untuk memakai gipsum secukupnya saat renovasi dan bangun rumah. Penasaran?

Apa itu Gipsum?

Dilansir dari KBBI terbaru 2023 bahwa gipsum adalah sebuah mineral yang tidak larut ketika terkena air. Umumnya berwarna putih meski ada yang berwarna cokelat juga.

Gipsum berasal dari bahasa Inggris yaitu gypsum. Biasanya dipakai untuk membuat plafon, dinding, partisi, dan patung.

Sedankang dilansir dari Britannica gipsum adalah mineral sulfat umum yang sangat penting secara komersil. Terdiri dari kalsium sulfat yang terhidrasi (CaSO4·2H2O). Tepatnya dalam kristal yang berkembang dengan baik.

Apa Saja Manfaat Gipsum?

Manfaat gipsum cukup beragam untuk manusia. Mulai dari konstruksi, kesenian, hingga kesehatan kadangkala memakai gipsum untuk memenuhi aktivitas yang sedang berlangsung.

Mari kita bahas dari segi konstruksi saja. Sehingga kita yang ingin membangun rumah dan ingin merenovasi rumah bisa lebih paham tentang manfaat memakai gipsum.

1. Menjadikan Atap Rumah Lebih Rapi

Bila rumah kita tidak dipasangi interior plafon gypsum biasanya menjadi tidak rapi di bagian atap. Tentunya hal ini diakibatkan pada atap rumah yang masih disemen dan kayunya masih belum tertutup.

Makanya salah satu langkah agar rumah kita terlihat rapi yaitu dengan menggunakan plafon gipsum. Sebab plafon yang satu ini bentuknya lurus dan akan membuat rapi tampilan rumah kita.

2. Bisa Menghadirkan Nuansa Elegan

Plafon gipsum memiliki banyak jenis dan variasi. Hal ini yang membuat penggunaan plafon gipsum meningkatkan keindahan dan estetika di rumah kita.

Plafon gipsum bisa kita sesuaikan dengan desain rumah agar hasilnya lebih memuaskan dan senada dengan tema tampilan rumah.

3. Hemat Waktu dalam Pemasangan

Plafon gipsum ini bentuknya tipis dan mudah sekali dipasangkan. Sehingga pada proses pemasangannya kita tidak memerlukan waktu yang lama. Jadi tidak perlu khawatir produktivitas akan terganggu.

menggunakan gipsum pada plafon rumah dapat menghemat waktu

Apalagi bila gypsum ini dipasang pada rumah minimalis, pasti akan semakin menghemat waktu pemasangan. Sebab tidak ada interior yang terlalu rumit untuk ikut diatur.

4. Pemasangannya Bisa Tidak Rumit

Saat kita berencana menghias langit-langit rumah dengan sesuatu yang berwarna. Sebetulnya tidak perlu jauh-jauh mencari material yang rumit.

memasang plafon rumah gipsum tidak rumit

Nyatanya gipsum alias gypsum dapat diwarnai sesuai selera. Meski kita tidak bisa mewarnainya kita dapat meminta tolong pada jasa tukang atau jasa renovasi sekalian. Praktis dan ekonomis bukan?

5. Menghindari Rayap

Rasanya kadang kita kesal saat melihat rumah menjadi kurang bagus karena rayap. Sebab teringat ketika dulu membangun atau merenovasi rumah. Betul?

Kini dengan memasang gypsum pada rumah, maka kendala tentang rayap tak lagi membuat gelisah. Kita tinggal duduk tenang dan rayap tak akan memakan gypsum.

Sedikit Kekurangan Gypsum

Banyak orang yang terkadang luput dengan kekurangan gypsum sebagai bahan membangun dan merenovasi rumah. Yaitu debunya yang mudah berterbangan, sehingga kita perlu memakai masker kain atau masker yang bisa meminimalisir debu.

gipsum mengandung debu dibanding jenis plafon lainnya

Kita juga perlu memberitahu pada anggota keluarga lainnya untuk menjauh dari lokasi pemasangan gypsum. Sehingga mereka juga terhindar dari debu-debu.

Kesimpulan

Pada akhirnya material gipsum jadi bahan yang harus diperhatikan. Kita sadar pentingnya mengetahui gypsum secara garis besar. Sehingga bisa merencanakan rumah yang cantik, nyaman, dan aman.

Terkait itu, ada saran yang boleh jadi membantu kita kedepannya: Yaitu hubungi Mitrabangun.id melalui tombol di bawah untuk konsultasi keperluan renovasi dan bangun rumah yang berkualitas!

Similar Posts