menata lemari pakaian

Lemari digunakan untuk menyimpan pakaian. Maka kita perlu menata lemari pakaian agar tetap selalu rapi dan bersih.

Bagaimana cara menata lemari pakaian yang baik? Mari kita baca bersama-sama poin-poin di bawah ini.

Dilansir dari thespruce.com, berikut cara mengorganisasi pakaian di lemari yang baik, di antaranya:

Menggunakan Laci atau Rak

Gunakan laci atau rak sebagai metode penyimpanan pakaian. Penggunaan laci atau rak ini dapat mempermudah kita dalam proses pemasangan. Setelah menyetrika dan melipat pakaian, letakkan di laci atau rak dengan rapi.

menata lemari pakaian pakai rak dan laci

Sortir Pakaian Berdasarkan Warna dan Kategori

Dengan menyortir pakaian sesuai warna dan kategori, bisa jadi salah satu cara menata baju di lemari yang rapi. Kelompokkan pakaian sesuai dengan bahan, misalnya jeans, sweater, pakaian formal, piyama, dan sebagainya.

Jika memiliki gaun, mantel atau dress, bisa digantung pada area lemari yang terdapat gantungan. Hal ini untuk menjaga pakaian tetap terjaga dan terawat dengan baik.

Dengan mengelompokkan pakaian sesuai kategori, mempermudah kita saat ingin mencari pakaian. Selain itu, pakaian juga terlihat lebih rapi. Jika memiliki ruang lemari yang lebih luas, kita juga bisa letakkan pakaian berdasarkan warna yang sama dalam satu area. 

menata lemari pakaian sesuai warna dan kategori

Menyimpan Peralatan untuk Memperbaiki Pakaian

Sedangkan menurut Better Homes & Gardens, ada cara untuk mengatur pakaian yang baik. Kita perlu siapkan set alat jahit, kancing pakaian, dan sebagainya. Cara ini sebagai cadangan apabila pakaian yang digunakan sobek atau kancingnya lepas.

Selain itu, setrika dan alas menyetrika jadi salah satu hal penting untuk diletakkan dekat atau dalam lemari pakaian. Ini dilakukan agar pakaian tidak kusut dan tetap rapi.

simpan alat di dekat lemari untuk perbaiki pakaian

Mengatur Pakaian di Freestanding Wardrobe

Gunakan lemari pakaian jenis ini yang memudahkan kita saat ingin mencari pakaian. Lemari ini memiliki ketinggian sesuai dengan pakaian yang akan digantung.

Jika memiliki ruang sisa, kita bisa letakkan sepatu/ heels di ruang yang tersedia. Selain itu, kita juga bisa tambahkan tempat sampah di bawah rak lemari yang kosong.

menata lemari pakaian pakai freestanding wardrobe

Menyimpan Pakaian di Bawah Kasur

Ada jenis kasur yang menyediakan laci di bawah kasur sebagai lemari pakaian. Kita bisa simpan sweater yang sudah dilipat, celana jeans, mantel, kaus kaki yang digulung, pakaian renang, dan bahkan syal.

ada rak untuk simpan pakaian di bawah kasur

Menggantung Pakaian dengan Hanger yang Serasi

Menurut momsmoney.kontan.co.id, penggunaan hanger berwarna senada bisa membuat pakaian menggantung akan terlihat serasi dan rapi. Kita bisa sesuaikan hanger yang digunakan dengan jenis pakaian.

Jika kita menggunakan hanger tipis, maka pakaian yang digunakan adalah pakaian tipis. Namun, jika kita menggantung pakaian yang tebal atau berat, kita gunakan hanger berukuran tebal.

menata lemari dengan gantung pakaian pakai hanger serasi

Meletakkan Pakaian Sesuai dengan Tingkat Eye Level

Menurut ruparupa.com, kita perlu letakkan pakaian sesuai dengan tingkat mata memandang. Misalnya, pakaian yang sering digunakan diletakkan pada rak yang mudah dijangkau. Namun, untuk pakaian yang jarang digunakan bisa diletakkan di rak bagian atas.

menata lemari pakaian sesuai tingkat pandang mata

Menggulung Pakaian dengan Jenis Tertentu

Kita bisa sediakan satu laci atau rak yang digunakan khusus untuk kaos, piyama atau pakaian olahraga. Pakaian tersebut bisa digulung serapi mungkin sebagai cara menata baju di lemari agar muat banyak.

Dengan begitu kaos yang telah digulung bisa disusun atau ditumpuk dengan rapi dalam rak lemari. Selain itu, untuk menghemat ruang lemari, kita bisa letakkan jenis pakaian-pakaian tersebut ke dalam kotak penyimpanan. 

menata lemari dengan gulung pakaian

Menambahkan Pembatas Ruang di Lemari

Pembatas ruangan bisa digunakan, jika kita menyukai baju yang dilipat secara keseluruhan. Hal ini baik untuk memaksimalkan ruang secara estetika dan fungsional. Adanya pembatas ini juga mempermudah kita untuk memisahkan pakaian sesuai kategori.

Namun, untuk memberi batas antar pakaian, bisa gunakan alternatif lain, seperti rak khusus. Adanya rak khusus ini juga membuat pakaian yang dilipat tersusun dengan rapi. Selain itu, rak yang digunakan terlihat estetik.

menata lemari dengan tambah pembatas pakaian

Memanfaatkan Ruang Kosong

Jika seluruh pakaian sudah tertata dan tersusun dengan rapi, tetapi masih tersisa ruang kosong, maka ruang tersebut bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Misalnya ruang tersebut dijadikan sebagai tempat menyimpan perhiasan dan aksesori.

menata lemari pakaian dengan pakai ruang kosong untuk aksesori

Merapikan Pakaian yang Tidak Terpakai

Jika ada beberapa pakaian yang sudah tidak pernah terpakai atau jarang dipakai dan sudah membeli pakaian baru, sebaiknya singkirkan pakaian tersebut dari lemari.

Kita juga bisa memberi pakaian tersebut kepada orang lain, supaya pakaiannya lebih bermanfaat. Dengan begitu ruang di lemari bisa lebih longgar dan muat untuk pakaian yang baru.

menata lemari pakaian dengan atur pakaian yang tidak dipakai

Kesimpulan

Menata lemari pakaian dilakukan untuk membuat pakaian selalu terlihat rapi, terawat, dan nyaman ketika digunakan. Apalagi bila dipadukan dengan rak gantung, membuat pakaian terlihat rapi. Hal ini tentu membuat kita juga senang saat berada di rumah.

Terkait itu, ada saran yang boleh jadi membantu kita kedepannya: Yaitu hubungi Mitrabangun.id melalui tombol di bawah untuk konsultasi renovasi dan bangun rumah yang menyenangkan dan berkualitas!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *