renovasi rumah kampung

Punya rumah kampung jadi pilihan tersendiri bagi kita yang sedang menghemat keuangan. Lalu akan ada momen dimana kita ingin merenovasinya. Betul?

Tulisan ini menjadi layak kita baca karena memberi petunjuk dalam poin-poin yang mudah dimengerti. Langsung saja kita simak 9 poin yang jadi rekomendasi untuk renovasi rumah kampung.

1. Ubah Gaya Dapur, Sudah?

Salah satu ruangan yang mudah kotor selain gudang adalah dapur. Bedanya, dapur ini jadi sumber makan kita dalam keseharian. Minyak yang kotor dan bahan masakan yang bersisa jadi tantangan tersendiri untuk mengelola dapur.

renovasi rumah kampung pada dapur

Mengubah gaya dapur bisa membantu tantangan mengelola dapur jadi lebih ringan. Apalagi dapur jadi tempat nyaman bagi kita yang suka memasak.

Banyak macam gaya dapur yang bisa dipakai dalam rumah. Salah satu contohnya adalah gaya dapur yang terbuka. Yaitu yang tidak memiliki sekat dengan ruang makan keluarga.

Sehingga dapur kita menjadi lebih luas dan lebih memudahkan orang lain karena tidak perlu berpindah ruangan ketika memindahkan masakan ke meja ruang keluarga.

2. Mengubah Warna Dinding Ruangan

Merenovasi rumah kampung dengan cara mengganti warna bisa jadi pilihan tersendiri. Apalagi rumah kampung cenderung mudah untuk dicat ulang.

Mengubah warna dinding dengan warna baru akan memberi kesan rumah baru. Seolah-olah rumah kita adalah rumah baru yang segar dan siap dihuni.

renovasi rumah kampung

Membeli cat tidak harus mahal, sebab dengan beberapa rupiah bisa mengubah satu ruangan menjadi nuansa yang baru.

3. Jalan Setapak itu Unik

Merenovasi rumah kampung bisa buat rumah jadi lebih unik. Pernahkah kita berpikir untuk menambah jalan setapak?

Jalan setapak akan menambah kesan indah sekaligus kesan retro pada rumah yang kita huni. Apalagi bila ditambah tanaman di kanan dan kirinya.

Di sisi lain menambah jalan setapak bisa dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Jadi kita tidak khawatir waktu akan terbuang banyak hanya karena renovasi rumah.

4. Ada Batu Alam? Boleh Dimanfaatkan!

Rumah kampung memiliki akses yang mudah dengan batu alam. Mengapa tidak memanfaatkan hal itu?

Batu alam bisa ditempel pada dinding rumah dan pada lantai teras. Sehingga kesan alami bisa nampak pada rumah yang kita huni.

5. Siapkan Cat untuk Perabotan

Alih-alih mengganti perabotan, mengapa tidak coba cat ulang perabotan? Sehingga ada kesan baru setelah renovasi dilakukan.

Rumah kampung yang kita miliki bisa menjadi lebih segar dengan perabotan yang berubah warna. Namun, harus diingat jenis cat yang dipakai cocok dengan jenis permukaan perabotan.

6. Renovasi Rumah Kampung Coba Buat Rooftop

Rumah kampung bisa menjadi banyak fungsi dengan rooftop. Jangan sia-siakan bagian atas rumah kita.

Rooftop bisa menjadi tempat berkumpulnya keluarga, dan bisa menjadi tempat berkebun sesuai yang kita mau.

7. Jangan Dibikin Susah

Orang bijak pernah berkata, “waktu adalah yang paling berharga.” Maka saat renovasi rumah dilakukan coba minta tolong orang lain.

renovasi rumah di kampung

Apalagi bila itu merupakan rumah kampung yang hendak direnovasi. Sehingga kadang memakan waktu banyak.

Ada sedikit saran yang kita lakukan. Coba lihat jasa renovasi di dekat domisili kita. Untuk area Jawa Tengah bisa coba lihat Mitrabangun.id di Semarang, Jogja, Solo, dan sekitarnya.

8. Wujudkan Kamar Tidur Anak yang Lucu

Saat renovasi rumah kampung, memperbarui kamar tidur bisa jadi pilihan bagi kita. Apalagi bila itu adalah kamar anak.

Sumber gambar: en.idei.club

Coba konsep hello kitty agar anak terhibur dan mendapat suasana baru. Selain itu bisa menambah kenangan pada anak saat dewasa nanti.

9. Perbarui Kamar Tidur

Memperbarui kamar tidur saat renovasi rumah kampung bisa jadi pilihan bagi kita. Apalagi bila itu adalah kamar kita dengan pasangan.

Selain bertujuan menyenangkan pasangan, juga secara keuangan itu lebih murah dibanding merenovasi ruang lain yang mungkin interiornya lebih mahal.

Topik Terkait: Warna Cat Kamar Aesthetic Ini Bikin Tidur Jadi Lebih Nyaman

10. Pasang Parket Vinyl di Toilet

Beberapa dari sepertinya butuh merenovasi toilet. Hal itu wajar karena kondisi rumah kampung kadang membuat toilet begitu sederhana alias apa adanya.

Tantangan renovasi bagian toilet adalah memerhatikan aliran air. Supaya tidak memakan waktu yang lama, kita bisa memasang parket vinyl pada dinding atau lantainya.

Akhir Kata

Pada akhirnya, sebelum melakukan renovasi pada rumah kampung kita perlu mengetahui poin-poin penting demi kelancaran renovasi. Betul?

Terkait itu, ada saran yang boleh jadi membantu kita kedepannya: Yaitu hubungi Mitrabangun.id melalui tombol di bawah untuk konsultasi renovasi dan bangun rumah yang berkualitas!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *