contoh rumah tapak

Apa sebetulnya pengertian rumah tapak? Mari kita bahas bersama mulai dari pengertian, sejarah, hingga keuntungan pada rumah tapak di bawah ini!

Sebab banyak masyarakat yang kini tertarik untuk mencari rumah tapak karena bisa mendapat berbagai keuntungan.

1. Pengertian Rumah Tapak

Rumah tapak adalah tempat tinggal yang dibangun langsung di atas tanah. Berbeda dengan apartemen yang berada di gedung bertingkat dan disebut dengan hunian vertikal, sedangkan rumah tapak berdiri sendiri tanpa adanya hitungan tingkat.

Rumah tapak kerap menjadi pilihan masyarakat yang sedang mencari rumah dikarenakan status kepemilikan pada lahan rumahnya yang disebut Sertifikat Hak Milik (SHM). Sedangkan untuk apartement hanya mendapat sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) saja.

Konsep dari rumah tapak ini berbeda-beda dari segi tipe dan luasnya, sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan kita yang sedang mencari rumah. Bahkan, rumah tapak sendiri bisa diincar oleh kebanyakan orang sebelum selesai dibangun.

2. Sejarah Rumah Tapak

Setelah kita mengetahui pengertian dari rumah tapak, kita perlu mengetahui bagaimana sejarah dari rumah tapak itu. Kenapa rumah tapak bisa ramai peminat dan menarik di mata masyarakat?

Pada masa lampau, banyak rumah berdiri secara tunggal atau terpisah dengan rumah lainnya. Seiring naiknya harga tanah, membuat jenis hunian ini berganti jadi rumah gandeng/dinding antar rumah yang berdempetan satu sama lain.

sejarah rumah tapak

Seiring berjalannya waktu, istilah rumah tapak menjadi tak asing karena semakin sering digunakan oleh masyarakat untuk penyebutan rumah yang didirikan langsung di atas tanah.

3. Keuntungan dan Kekurangan Rumah Tapak

Lalu, apa yang membuat masyarakat tertarik mencari rumah tapak ini? Alasan apa yang membuat kita seharusnya juga tertarik? Mari kita lihat bersama-sama apa saja keuntungan yang dari rumah tapak.

Keuntungan Rumah Tapak:

­čö╣Status kepemilikan rumah

Setelah membeli rumah tapak kita sudah bisa memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM).

­čö╣Bebas renovasi rumah sepuasnya

Dengan memiliki Sertifikat Hak Milik sendiri, kita bisa melakukan renovasi rumah sesuai dengan gaya dan style yang kita mau.

bebas renovasi rumah tapak

Desain yang dibuat juga dapat mengikuti kemauan kita. Dalam mendesain rumah tapak ini, kita dapat menentukan bentuk sesuka hati selama masih mengikuti peraturan dan UU yang berlaku.

­čö╣Perawatan lebih murah

Dalam merawat rumah tapak, kita dapat menghemat biaya pengeluaran bulanan. Sebab hanya mengeluarkan biaya rutin listrik, air, keamanan, dan kebersihan.

Sedangkan di apartemen, kita perlu bayar fasilitas gedung dengan nominal yang cukup membuat tangan merogoh kocek.

­čö╣Dapat dijadikan investasi

Menurut beberapa orang, rumah tapak lebih mudah diperjual belikan dan memiliki harga tanah yang cenderung naik.

­čö╣Memiliki garasi pribadi

Keuntungan dari punya rumah tapak ialah bisa membangun garasi pribadi. Sehingga kita sebagai pemilik rumah bisa merasa lebih nyaman nantinya.

Sebab ada halaman rumah yang bisa kita buat untuk parkir kendaraan pribadi. Bisa juga jadi taman yang buat taman jadi lebih segar dan teduh.

­čö╣Bisa memelihara hewan dengan nyaman

Apabila kita menyukai kucing atau anjing dan ingin memeliharanya di rumah, kita dapat dengan bebas membawa hewan tersebut untuk dipelihara secara pribadi.

Sementara di apartement, ada keterbatasan dan peraturan yang melarang untuk membawa hewan peliharaan.

Kekurangan Rumah Tapak:

Selain keuntungan, rumah tapak juga punya kekurangan yang perlu kita ketahui. Apabila tertarik mengetahuinya silakan baca tulisan di bawah ini.

­čö╗Sistem keamanan

Sistem keamanan dari rumah tapak di Indonesia bergantung pada sistem keamanan di lingkungan setempat.

­čö╗Bila Padat Penduduk

Ada rasa tidak nyaman jika membeli rumah tapak di pemukiman yang padat penduduk. Biasanya lingkungan padat penduduk sulit menerima pebedaan yang ada.

­čö╗Masalah Teknis Diatasi Sendiri

Apabila terjadi masalah teknis di dalam rumah, seperti kendala sistem listrik, kendala sistem drainase di rumah, dan sebagainya, harus diatasi secara mandiri.

Sebab itu merupakan masalah dari rumah pribadi. Sedangkan di apartemen, mereka memiliki petugas keamanan yang akan membantu kita mengatasi masalah-masalah tersebut.

­čö╗Potensi Lingkungan Menjadi Padat

Seiring berjalannya waktu, rumah tapak berpotensi dibangun berdempetan dengan rumah lainnya.

­čö╗Membeli Rumah Tapak Sulit

Semakin banyaknya peminat rumah tapak, maka semakin mahal pula rumah tapak ke depannya dengan lahan yang terbatas.

4. Tips untuk Mencari Rumah Tapak

Sebelum membeli atau menyewa rumah tapak, alangkah baiknya kita mengetahui hal-hal yang perlu kita perhatikan sebelum bertransaksi. Tips yang perlu diketahui seperti di bawah ini.

a. Memerhatikan lokasi rumah tapak

Kita perlu mengetahui bagaimana lokasi rumah tapak yang sedang kita incar, misalnya apakah daerah tersebut rawan banjir, bagaimana kondisi keamanan lingkungannya, akses ke fasilitas umum, dan jarak dari rumah ke lokasi sekolah/kantor.

b. Mengetahui bahan material

Sebelum membeli rumah tapak, kita perlu mengetahui bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan rumah.

Sebab penggunaan bahan-bahan tersebut dapat menentukan ketahanan dan kekuatan dari rumah tapak, sehingga kita dapat memperkirakan berapa lama rumah dapat bertahan dengan kokoh.

C. Harga yang ditawarkan

Sebelum memilih rumah tapak yang akan kita tinggali, kita perlu mengetahui harga yang ditawarkan apakah sepadan dengan fasilitas dan kualitas.

Kemudian pertimbangkan proses pembayaran rumah dengan pembayaran tunai atau menggunakan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

harga untuk rumah tapak

Untuk zaman sekarang, ada kontraktor rumah yang punya sistem pembayaran termin. Sistem pembayaran tersebut sangat menarik untuk dicoba. Apalagi bila memilih kontraktor mitrabangun.id

d. Metode pencarian rumah tapak

Saat kita ingin mencari rumah tapak yang sekiranya bisa membuat nyaman ditinggali, kita perlu mencari sendiri atau menggunakan agen properti.

bisa membangun rumah tapak

Adapun untuk di zaman sekarang banyak pemilik rumah yang memilih membangun rumah tapaknya sendiri.

Akhir Kata

Pada akhirnya rumah tapak memiliki keuntungan yang menjadi daya tarik tersendiri. Kita sebagai masyarakat tetap mencari rumah tapak untuk tempat tinggal yang nyaman, teduh, dan sehat.

Terkait itu, ada saran yang boleh jadi membantu kita kedepannya: Yaitu hubungi Mitrabangun.id melalui tombol di bawah untuk konsultasi renovasi dan bangun rumah yang berkualitas!

Similar Posts